Mengenal Tipe Mesin Overstroke, Overbore dan Square Pada Sepeda Motor

Mengenal Tipe Mesin Overstroke, Overbore, dan Square

Tipe Mesin Sepeda Motor

Pasti ada beberapa orang mendengar istilah Overstroke, Overbore atau Square terasa asing ditelinga??, istilah diatas menggambarkan tentang tipe mesin kendaraan bermotor. Jadi, yang belum tahu tentang Overstroke, Overbore, dan Square kita akan bahas disini.

Yang Dimaksud Tipe Mesin overstroke Adalah

Mesin tipe ini memiliki karakteristik dapat mengeluarkan tenaga dan torsi yang besar pada RPM rendah dan menengah, biasanya tipe mesin Overstroke memiliki ukuran (bore x stroke) diameter piston lebih lecil dari ukuran langkah piston. Karakter tipe mesin ini cocok untuk sepeda motor harian.

Contoh:
Kawasaki ZX130 memiliki (bore x stroke) 53 mm x 59.1 mm. Ukuran diameter piston lebih kecil dari ukuran langkah piston

Yang Dimaksud Tipe Mesin Overbore Adalah

Tipe mesin ini memiliki tenaga besar pada RPM menengah dan RPM tinggi, biasanya tipe mesin ini memiliki (bore x stroke) diameter piston lebih besar dari langkah piston. Karakter tipe mesin ini cocok untuk motor sport.

Contoh:
Suzuki GSX150R memiliki (bore x stroke) 62 mm x 48.8 mm. Ukuran diameter piston lebih besar dari ukuran langkah piston

Yang Dimaksud Dengan Tipe Mesin Square Adalah

Mesin tipe ini memiliki tenaga yang merata disemua tingkatan RPM, baik pada RPM rendah maupun pada RPM tinggi. Biasanya tipe mesin Square memiliki ukuran (bore x stroke) ukuran diameter piston dan langkah piston hampir sama.

Contoh:
Pada mesin Honda CRF150L memiliki spesifikasi (Diameter x Langkah) 57,3 x 57,8 mm. Angka Diameter dan Langkah pada motor tersebut hampir sama, hanya selisih 0,5 mm

Itulah sedikit pengertian dari Overstroke, Overbore, dan Square. Semoga tulisan diatas bisa menjadi referensi anda untuk membeli kendaraan yang sesuai kebutuhan.

0 Response to "Mengenal Tipe Mesin Overstroke, Overbore dan Square Pada Sepeda Motor"

Post a Comment