AsRoda - Kampas kopling memiliki fungsi yang penting dalam menentukan performa Sepeda Motor komponen ini juga berpungsi sebagai penyalur tenaga mesin ke transmisi, jadi kondisi kampas kopling harus tetap prima agar tenaga tunggangan kesayangan tetap maksimal.
Bagaimana cara mengetahui komponen ini mulai rusak, dan apa saja ciri-cirinya ??
Ada beberapa ciri kampas kopling mulai rusak seperti, saat perpindahan gigi akan terasa keras, saat berpindah gigi tarikan terasa berat, saat naik tanjakan kadang-kadang terdengar bunyi yang tidak normal.
BACA JUGA
Jadi akselerasi pun akan melemah karena transfer tenaga dari mesin ke transmisi tidak maksimal, meski tak mempengaruhi kecepatan maksimal waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya akan lebih panjang atau lama. Ciri lainnya dapat diketahui saat motor dinyalakan menggunakan kick starter akan terasa lost atau tidak menggigit.
Penyebab Kampas Kopling Aus !!
Ada beberapa faktor yang membuat kampas kopling cepat rusak, salah satunya adalah telat mengganti oli mesin atau volume oli mesin berkurang. Karena kampas kopling harus terendan oli agar bekerja maksimal, jika oli mesin berkurang maka kampas kopling akan cepat panas karena gesekan dan menyebabkan kampas kopling aus.
Jika ciri-ciri di atas ada pada tunggangan kesayang anda segeralah diganti agar tenaga tunggangan kesayangan tetap maksimal, caranya bisa ganti sendiri atau di bawa kebengkel langganan anda.
Motor FU aq klu di tanjakan lelet atau berat walaupun pakai gigi 2... Apa penyebabnya...???
ReplyDeleteBisa di sebabkan banyak paktor kaka...salah satunya :
Delete1. Kampas Kopling Sudah Aus
2. Kompresi Ruang Bakar Bocor
3. Settingan Karburator Tidak Pas
4. Settingan Pemakaian Gear Depan dan Belakang tidak sesuai
Coba Kaka cek yang sudah di sebutkan di atas..
Untuk penyebab kompresi bocor dan setingan Gir depan belakang tidak pas.. kita akan bahas di postingan berikutnya